Pengaruh Kualitas E-Service Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Transportasi Online Go-Jek)
Main Author: | Harsono, Gian Febri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164145/1/Gian%20Febri%20Harsono.pdf http://repository.ub.ac.id/164145/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas e-service terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi Go-Jek di Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Variabel kualitas e-service yang digunakan dalam penelitian ini adalah appearance, interactivity, informativeness, security, reliability, dan responsiveness. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 215 responden yang diambil dari populasi mahasiswa di Malang pengguna aplikasi Go-Jek. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun dan minimal pernah 2 kali menggunakan aplikasi Go-Jek. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t, dan data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas e-service yang terdiri dari appearance, interactivity, informativeness, security, reliability, dan responsiveness mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi Go-Jek di Malang