Efektivitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Produk Es Puter (Studi Kasus di UKM Lancar Jaya dan Barokah Jaya Kota Batu)
Main Author: | Primadiani, Mifta Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164141/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan teknologi seoptimal mungkin, salah satunya yaitu internet. Aspek terpenting dalam menyusun komunikasi yang efektif adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen. Selanjutnya yaitu mengembangkan pesan yang efektif, dimana harus menarik perhatian (attention), mengembangkan ketertarikan (interest), membangkitkan keinginan (desire), dan menggerakkan tindakan (action). Tanggapan konsumen dapat diketahui melalui media sosial (instagram). Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan efektivitas instagram sebagai media promosi berdasarkan tahapan AIDA dan menentukan hubungan antara perilaku pengguna media sosial instagram, aktivitas promosi dan pengenalan produk dengan efektivitas instagram sebagai media promosi. Penelitian ini dilakukan pada UKM Lancar Jaya dan Barokah Jaya di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung data kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara survei kepada responden menggunakan kuesioner. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pemilik UKM. Responden yang dipilih merupakan followers dari instagram yang sudah pernah melakukan like dan comment. Jumlah sampel masing-masing UKM sebanyak 42 responden. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi berdasarkan AIDA untuk UKM Lancar Jaya dan Barokah Jaya yaitu efekif dimulai dari meningkatkan perhatian (attention), menimbulkan ketertarikan (interrest), meningkatkan keinginan (desire) dan viii mengambil tindakan (action) karena responden telah menilai setuju pada semua indikator. Hasil selanjutnya yaitu variabel aktivitas promosi dan pengenalan produk berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas instagram sebagai media promosi pada UKM Lancar Jaya. Sedangkan hasil pada UKM Barokah Jaya menunjukkan bahwa variabel pengenalan produk saja yang berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas instagram sebagai media promosi.