Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Vaporizer (Studi Pada Malang Vapers Community)

Main Author: Kusumo, Muhammad Mas Agus Suryo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164093/1/Muhammad%20Mas%20Agus%20Suryo%20Kusumo.pdf
http://repository.ub.ac.id/164093/
Daftar Isi:
  • Bertambahnya jumlah pengguna vaporizer di Indonesia terjadi setelah diadakannya kampanye Indonesia Support Vaping. Vaporizer menjadi populer di kalangan anak-anak muda karena devicenya yang trendi dan bisa menghasilkan uap yang banyak. Perilaku penggunaan vaporizer merupakan perilaku yang tidak muncul dengan sendirinya, terdapat serangkaian proses yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor yang mampu mempengaruhi perilaku seseorang dalam menentukan perilaku adalah faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal, terdapat gaya hidup yang menjadi salah satu indikator yang penting dan berpengaruh khususnya pada konsumen, sedangkan pada faktor eksternal terdapat kelompok referensi sebagai salah satu indikator yang juga mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Dari sekian banyak pengguna vaporizer di Kota Malang terdapat komunitas yang tertua dan memiliki banyak karakter individu yang berbeda-beda yaitu Malang Vapers Community sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian yang mana studi penelitian ini dilakukan pada komunitas Malang Vapers Community. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Sampel penelitian ini adalah 84 responden yang merupakan jumlah anggota Malang Vapers Community dengan menggunakan teknik non probability sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian vapor, sedangkan untuk kelompok referensi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian vapor