Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Untuk Menentukan Strategi Perusahaan (Studi Pada Ud. Mega Tani Banyuwangi)

Main Author: Manggala, Bachtiar Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164091/1/BACHTIAR%20WAHYU%20MANGGALA.pdf
http://repository.ub.ac.id/164091/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan dan menentukan strategi yang tepat pada UD. Mega Tani dan untuk mendapatkan strategi perusahaan pada UD. Mega Tani. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuesioner serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah matriks IFAS, matriks EFAS, matriks TOWS, matriks grand strategy, matriks IE dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa UD. Mega Tani mempunyai nilai identifkasi terhadap faktor internal sebesar 2.40 dan faktor eksternal sebesar 2.48. Posisi strategi UD. Mega Tani Berdasarkan analisis matriks strategi besar, UD. Mega Tani berada pada kuadran I dengan alternatif strategi yang memungkinkan adalah pengembangan pasar, pengembangan produk, penetrasi pasar dan diservifikasi terkait. Dari analisis matrik IE, UD. Mega Tani berada pada kuadran V dengan alternatif strategi growth and stabilities melalui pengembangan produk, pengembangan pasar, penetrasi pasar dan integrasi vertikal. Sedangkan hasil analisis pada tahap keputusan dengan menggunakan matriks QSPM, strategi yang tepat untuk diterapkan pada UD. Mega Tani adalah strategi integrasi vertical dengan berdasarkan TAS sebesar 7.21