Efektivitas Media Sosial Facebook Sebagai Media Promosi Produk Es Puter (Studi Kasus Di Ukm Lancar Jaya Dan Barokah Jaya Kota Batu)
Main Author: | Rahmadhani, Desti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/164059/ |
Daftar Isi:
- Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dalam beberapa tahun belakang membuat internet menjadi salah satu alat komunikasi yang banyak diminati yang kemudian sedikit demi sedikit mengubah komunikasi konvensional menjadi komunikasi yang modern dan serba digital. Di mana promosi merupakan permasalahan utama yang sering dihadapi oleh UKM. Contohnya UKM Lancar Jaya dan UKM Barokah Jaya yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. Kedua UKM masih mempromosikan produknya secara konvensional dengan informasi produk yang sangat terbatas. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan efektivitas media sosial facebook sebagai media promosi berdasarkan tahapan AIDA dan menentukan pengaruh antara perilaku pengguna media sosial facebook, aktivitas promosi dan pengenalan produk terhadap efektivitas media sosial facebook sebagai media promosi. Model yang dapat digunakan untuk mengetahui efektivitas promosi tersebut adalah model AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan jumlah sampel masing-masing UKM sebanyak 42 responden. Di mana variabel yang digunakan adalah perilaku pengguna facebook (X1), aktivitas promosi (X2), pengenalan produk (X3) dan efektivitas media sosial facebook sebagai media promosi (Y). Semua variabel tersebut dibentuk secara reflektif. Hasil tahapan AIDA untuk UKM Lancar Jaya dan UKM Barokah Jaya memperoleh hasil yang sama yaitu pada tahap attention (Y1), interest (Y2), desire (Y3) dan action (Y4). Hasil uji hipotesis kedua UKM sama yakni pada variabel perilaku pengguna facebook (X1) dan aktivitas promosi (X2) tidak viii memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas media sosial facebook sebagai media promosi (Y), sedangkan pada variabel pengenalan produk (X3) memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap efektivitas media sosial facebook sebagai media promosi (Y). Adapun hasil persamaannya untuk UKM Lancar Jaya adalah Y = 0,089 X1 - 0,036 X2 + 0,753 X3 dan untuk UKM Barokah Jaya adalah Y = 0,025 X1 + 0,247 X2 + 0,568 X3.