Analisis Strategi Pemasaran Pada VIVA.co.id (Studi Kajian Ekonomi Media dalam Perspektif Pemasaran Pada VIVA.co.id)

Main Author: Andani, Sheila Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164036/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan studi analisis marketing dalam studi ekonomi media yang menggunakan metode etnografi. Albarran (2009) mendefinisikan ekonomi media sebagai studi tentang bagaimana industri media menggunakan sumber- sumber yang terbatas untuk menghasilkan jasa yang di distribusikan kepada konsumen. Dalam kata lain media massa dilihat sebagai sebuah industri yang menggunakan sumber-sumber yang dimiliki dalam media itu sendiri untuk memproduksi produk media, yang selanjutnya akan di distribusikan kepada konsumen. Bagaimana media memiliki strategi yang akan didistribusikan kepada konsumen ini yang sangat menarik dikaji dalam perspektif pemasaran, dimana kegiatan pemasaran digunakan media sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan dan juga mendekatkan diri kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses strategi pemasaran VIVA.co.id, jika di tinjau dari perspektif ekonomi media yang dilakukan pada divisi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dikarenakan objek yang diteliti merupakan suatu fenomena yang akan peneliti deskripsikan melalui proses observasi partisipatif yang dilakukan peneliti. Dalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lapangan, menurut Neuman (2003) penelitian lapangan adalah penelitian yang secara langsung mengamati dan mencatat orang-orang dalam penataan alamiah. Metode yang dilakukan penelitian ini adalah etnografi. Penelitian lapangan juga sering disebut dengan etnografi, atau penelitian participant observation. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media saat ini tidak hanya dikatakan sebagai sebuah institusi yang menyampaikan informasi, namun media saat ini sudah menjadi sebuah industri. Kegiatan media massa sebagai sebuah industri salah satunya terdapat divisi pemasaran. Seperti hal nya yang dilakukan oleh VIVA.co.id melalui kegiatan pemasaran yang dikaji melalui komunikasi pemasaran pada penelitian ini. Sebagai salah satu portal berita yang merupakan salah satu New Media VIVA.co.id merupakan sebuah konvergensi media. Terdapat banyak dinamika mengenai bagaimana VIVA.co.id menjalankan kegiatan pemasaran seperti pada kegiatan promosi dan juga periklanan yang selanjutnya dapat dikaji dalam studi ekonomi media pada penelitian ini.