Manajemen Public Relations dalam Restorasi Citra (Studi Kualitatif Deskriptif pada program Media Relations divisi Humas PT. Dirgantara Indonesia (Persero) tahun 2014-2017)

Main Author: Utami, Ni luh Aninda Feniasari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164035/
Daftar Isi:
  • Ketika sebuah perusahaan mengalami krisis, Public Relations sebagai fungsi manajemen akan berusaha melakukan restorasi citra perusahaan. Salah satu sarana yang digunakan adalah media massa. Media massa merupakan suatu kebutuhan pokok masyarakat sehingga memiliki pengaruh dalam membentuk opini masyarakat. Hal ini yang membuat Public Relations dalam perusahaan melakukan sebuah kegiatan Media Relations dengan tujuan menjalin hubungan baik dengan media massa. Dalam melakukkan sebuah kegiatan media relations, public relations menggunakan konsep manajemen public relations sebagai acuan sehingga program media relations yang dilakukan dapat berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan tujuan. Lokasi penelitian ini dilakukan di sebuah perusahaan industri pesawat, PT. Dirgantara Indonesia (Persero) yang pernah mengalami krisis. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dihasilkan dari wawancara oleh informan yaitu staf Humas dan wartawan sebagai informan pendukung, selain itu untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan data sekunder yaitu dokumentasi internal perusahaan dan pemberitaan di media. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa humas PT. DI dalam tahapan pelaksanaan media relations tidak sesuai dengan konsep manajemen Public Relations sehingga kegiatan media relations yang telah dilakukan tidak berjalan secara maksimal dikarenakan humas yang tidak memiliki wewenang dalam manajemen perusahaan.