Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Terhadap Ojek Online (Studi Kasus Pada Go-Jek Di Kota Malang)

Main Author: Rendy, Yoko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/164004/1/YOKO%20RENDY.pdf
http://repository.ub.ac.id/164004/
Daftar Isi:
  • Dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, maka permintaan transportasi terus bertambah khususnya terhadap transportasi umum. Namun, ketidakmampuan pemerintah dalam menyediakan transportasi umum menyebabkan masyarakat beralih ke transportasi lain yang lebih memudahkan dan mempersingkat waktu perjalanan yaitu ojek. Seiring perkembangan era globalisasi dan kemajuan teknologi saat ini terdapat fenomena baru yang cukup menyita perhatian masyarakat, yaitu layanan transportasi berbasis aplikasi atau online salah satu nya yaitu ojek online. Salah satu jenis jasa transportasi ojek online terbesar dan terpopuler saat ini yang menggunakan sistem daring (online) adalah Go-Jek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan layanan jasa ojek online yaitu Go-Jek. Analisis yang dilakukan adalah analisis kuantitatif dengan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel yang telah ditentukan. Pada hasil penelitian ini, terdapat hubungan positif dan signifikan untuk varibel pendapatan, harga Go-Jek dan harga ojek konvensional terhadap permintaan jasa Go-Jek. Variabel usia memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap permintaan jasa Go-Jek. Sedangkan, untuk variabel jenis kelamin memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan jasa GoJek. Keseluruhan variabel bebas dalam model ini memiliki pengaruh secara simultan terhadap permintaan jasa Go-Jek