Pengaruh Store Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada LOKA Supermarket Malang
Main Author: | Anastasia, Anis Rana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163979/ |
Daftar Isi:
- Tradisi sosiopsikologis dalam teori komunikasi bertujuan untuk memahami bagaimana dan mengapa setiap manusia berperilaku seperti yang diperbuatnya. Store image termasuk kedalam tradisi ini karena lebih berpusat pada perilaku sosial individu, kepribadian, variabel psikologis, sifat, efek individu, persepsi serta kognisi. Tradisi sosiopsikologis merupakan salah satu alat komunikasi pemasaran yang memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat beli konsumen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan pada LOKA Supermarket Malang yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara store image LOKA Supermarket Malang terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey eksplanatif. Sampel dari populasi penelitian ini adalah 272 responden, sampel ini diambil dari model Isaac & Micheal dengan tingkat kesalahan 10%. Variabel independent yang digunakan penelitian ini adalah variabel produk (X1), variabel pelayanan (X2), variabel store atmosphere (X3), variabel harga (X4) dan variabel dependennya adalah variabel minat beli konsumen (Y). Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel X store image (produk, pelayanan, store atmosphere, dan harga) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen (variabel Y). Secara parsial dimensi/sub variabel X (produk, store atmosphere, dan harga) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen (variabel Y). Sedangkan dimensi/sub variabel X (pelayanan) secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen (variabel Y).