“Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Kosmetik Wardah (Studi Analisis Semiotika Pada Iklan Wardah Versi “Wardah 20 Tahun” dan “Exclusive Series 2017”

Main Author: Artika, Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163976/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana representasi kecantikan perempuan dalam iklan televisi Wardah versi “Wardah : 20 Tahun” dan “Exclusive Series 2017”. Iklan mampu merepresentasi sebuah makna kecantikan lewat image yang ditampilkan. Salah satu pihak yang memiliki kepentingan terhadap kecantikan perempuan adalah produk kosmetik. Namun iklan produk kosmetik di Indonesia dalam merepresentasikan kecantikan perempuan masih cenderung homogen, yaitu dengan menyajikan makna dan alur yang serupa. Kemudian muncul iklan dari sebuah brand kosmetik Wardah yang menyajikan konsep cantik yang berbeda dari iklan produk kosmetik lainnya. Penelitian ini menggunakan dua versi iklan Wardah sebagai objeknya, yaitu “Wardah : 20 Tahun” dan “Exclusive Series 2017”. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan dari screencapture potongan kedua iklan dan kemudian dianalisis menggunakan teori Semiotika Charles S Pierce. Lalu untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan data sekunder yang berasal dari buku maupun jurnal yang mendukung. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data menunjukan bahwa representasi kecantikan perempuan dari iklan Wardah versi “Wardah 20 Tahun” yaitu perempuan cantik adalah perempuan yang lebih mengedepankan sisi emosional daripada sisi penampilan fisik, seperti sikap toleransi dalam perbedaan dan peduli terhadap sesama. Representasi kecantikan perempuan dari iklan Wardah versi “Exclusive Series 2017” yaitu perempuan berhijab tetap dapat terlihat cantik dengan pakaian yang tertutup namun tetap fashionable dan mampu menonjolkan kecantikan dari dalam dirinya (inner beauty).