Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Dewanti Rumpoko Dan Punjul Santoso Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Batu 2017

Main Author: Kuntara, Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163940/
ctrlnum 163940
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/163940/</relation><title>Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Dewanti Rumpoko Dan Punjul Santoso Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Batu 2017</title><creator>Kuntara, Candra</creator><subject>320.9 Political situation and conditions</subject><description>Penelitian ini berfokus pada Setrategi Komunikasi Politik yang dilakukan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso. Menggunakan acuan teori dari Anwar Arifin tentang Strategi Komunikasi Politik sebagai landasan pemecahan permasalahan. Metode kualitatif deskriptif digunakan peneliti untuk mencari informasi-informasi penunjang penelitian ini. Dalam metode ini ada tiga cara untuk mengumpulkan data, yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dalam kemenangannya pasangan Dewanti dan Punjul menggunakan tiga cara yakni Retorika Poltik, Kampanye Politik dan Lobi Politik. Retorika sama dengan berpidato di depan masa dengan menggunakan kata-kata yang tepat saat berpidato dapat menarik simpati masyarakat secara masal. Banyak cara yang digunakan saat berkampanye. Ada kampanye melalui sosial media (Facebook, Twitter dan Instagram), kampanye dengan menghadiri acara-acara besar, kampanye dengan masuk kerumah-rumah warga dan bahkan kampanye menggunakan simbol-simbol tertentu. Lobi atau melakukan pendekatan personal dengan cara melobi adalah cara yang paling tepat sasaran yang dilakukan oleh pasangan Dewanti dan Punjul untuk mempromosikan diri kepada masyarakat pada saat mencalokan diri sebagai walikota dan wakil walikota. Dengan melobi orang-orang yang tepat seperti petinggi kelompok umat beragama, kelompok pekerjaan dalam suatu kota, dan orang-orang terdekat seperti keluarga dapat meningkatkan jumlah pemilih. Dalam penelitian ini juga disebutkan faktor keluarga dan kesigapan tim pendukung atau tim sukses juga menentukan perolehan suara saat penyelenggaran pemilihan walikota dan wakil walikota.</description><date>2018-05-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Kuntara, Candra (2018) Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Dewanti Rumpoko Dan Punjul Santoso Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Batu 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIS/2018/313/051804985</relation><recordID>163940</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Kuntara, Candra
title Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Dewanti Rumpoko Dan Punjul Santoso Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Batu 2017
publishDate 2018
topic 320.9 Political situation and conditions
url http://repository.ub.ac.id/163940/
contents Penelitian ini berfokus pada Setrategi Komunikasi Politik yang dilakukan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso. Menggunakan acuan teori dari Anwar Arifin tentang Strategi Komunikasi Politik sebagai landasan pemecahan permasalahan. Metode kualitatif deskriptif digunakan peneliti untuk mencari informasi-informasi penunjang penelitian ini. Dalam metode ini ada tiga cara untuk mengumpulkan data, yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dalam kemenangannya pasangan Dewanti dan Punjul menggunakan tiga cara yakni Retorika Poltik, Kampanye Politik dan Lobi Politik. Retorika sama dengan berpidato di depan masa dengan menggunakan kata-kata yang tepat saat berpidato dapat menarik simpati masyarakat secara masal. Banyak cara yang digunakan saat berkampanye. Ada kampanye melalui sosial media (Facebook, Twitter dan Instagram), kampanye dengan menghadiri acara-acara besar, kampanye dengan masuk kerumah-rumah warga dan bahkan kampanye menggunakan simbol-simbol tertentu. Lobi atau melakukan pendekatan personal dengan cara melobi adalah cara yang paling tepat sasaran yang dilakukan oleh pasangan Dewanti dan Punjul untuk mempromosikan diri kepada masyarakat pada saat mencalokan diri sebagai walikota dan wakil walikota. Dengan melobi orang-orang yang tepat seperti petinggi kelompok umat beragama, kelompok pekerjaan dalam suatu kota, dan orang-orang terdekat seperti keluarga dapat meningkatkan jumlah pemilih. Dalam penelitian ini juga disebutkan faktor keluarga dan kesigapan tim pendukung atau tim sukses juga menentukan perolehan suara saat penyelenggaran pemilihan walikota dan wakil walikota.
id IOS4666.163940
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:49:05Z
last_indexed 2021-10-28T07:48:45Z
recordtype dc
_version_ 1751454327984095232
score 17.538404