Marketing Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Menjelang Pemilu 2019
Main Author: | Ramadhan, Muhammad Lail |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163875/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang marketing politik partai solidaritas Indonesia (PSI) menjelang pemilu tahun 2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat proses marketing politik yang dilakukan PSI dalam menentukan orientasi partai dan mengembangkan pendukung dan pemilih menjelang pemilu tahun 2019. Dalam membahas terkait proses marketing politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjelang pemilu 2019 ini menggunakan 2 pendekatan teori marketing politik, yaitu milik Lees-Marshment untuk melihat proses dalam menentukan orientasi partai dan milik Adman Nursal untuk melihat partai mengembangkan pendukung dan pemilih menjelang pemilu 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik snowball. Dari analisa data, dapat disimpulkan bawah dalam proses marketing politik menjelang pemilu 2019, Partai Solidaritas Indonesia adalah partai dengan orientasi penjualan (SOP), hal ini didasari oleh landasan berdirinya partai serta program yang dibentuk tidak melalui proses riset pasar terlebih dahulu tetapi setelah produk politik terbentuk baru dilakukan pemetaan dan tindakan persuasi kepada calon pemilih yang dianggap sesuai. Partai Solidaritas Indonesia tidak memiliki spesifikasi dalam pemetaan dan target pemilih karena millenial tidak berbentuk homogen sehingga tidak bisa diklasifikasikan hanya 1 golongan, dalam proses penyampaian produk PSI belum mampu menyeimbangkan 3 pendekatan secara bersamaan, yaitu secara langsung, melalui media, dan tokoh atau kelompok yang berpengaruh, karena PSI masih berfokus pada penggunaan media sosial tapi belum melakukan proses turun langsung ke grassroot dan tidak banyak tokoh berpengaruh yang dimiliki PSI hari ini serta PSI tidak memiliki kedekatan dengan kelompok yang mampu menopang suara PSI dalam pemilu mendatang. Proses marketing yang dilakukan PSI menjelang pemilu 2019 terbilang masih rendah, sehingga keberadaan PSI dalam pemilu 2019 mendatang hanya untuk eksistensi saja belum bisa mendapatkan suara yang cukup signifikan.