Strategi Nation Branding Cool Japan Dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan Inbound Asia Tenggara Sebagai Bagian Dari Upaya Menuju Jepang Sebagai Tourism-Oriented Country Tahun 2013 – 2017

Main Author: Wijayanti, Nadia Arum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163841/1/RR.%20Nadia%20Arum%20Wijayanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/163841/
Daftar Isi:
  • ‘Cool Japan’ mengalami pembaruan wacana dan strategi yang mengarah kepada mendukung Jepang sebagai negara berbasis pariwisata sekaligus sebagai negara yang sanggup memberikan solusi kreatif bagi tantangan-tantangan global. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara kini dibidik sebagai target sumber wisatawan inbound sekaligus sebagai target diseminasi ‘Cool Japan’ sebagai bagian dari upaya mencapai tujuan nation branding Jepang. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam jangka waktu 2013-2017, strategi ‘Cool Japan’ yang dilakukan Jepang di sejumlah negara besar di kawasan Asia Tenggara sanggup memperkuat citra Jepang sebagai destinasi pariwisata yang atraktif sekaligus sebagai negara yang inklusif, kreatif, dan ramah. Tidak hanya itu, terjadi peningkatan minat kunjungan dan jumlah wisatawan inbound Asia Tenggara secara signifikan menuju ke Jepang. Hal tersebut tentunya memberikan manfaat bagi Jepang baik secara ekonomi maupun politik.