Strategi Nation Branding India Melalui Kampanye “Incredible !Ndia” Untuk Membangun Citra India Sebagai Destinasi Wisata Berbagai Musim Tahun 2002-2016

Main Author: Ismutarto, Yeniar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163830/
Daftar Isi:
  • Keterpurukan dalam pariwisata India pernah terjadi pada era 1980-an dimana FTA. FEE dan share yang dimiliki India berada pada jumlah yang sangat rendah khususnya dari dari tahun 1970-an hingga tahun 1980-an. Upaya perbaikan dalam sektor pariwisata selanjutnya dilakukan pada tahun 1990-an dan menunjukkan perkembangan dan hasil positif terhadap berbagai sektor pariwisata di India. Melihat potensi yang cukup besar yang didapatkan terhadap sektor pariwisata India. hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Pemerintah India untuk dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan potensi pariwisata yang ada di negaranya. Hingga pada tahun 2002 Pemerintah India. khususnya Kementerian Pariwisata India mengeluarkan kampanye “Incredible !ndia” sebagai brand-line promosi wisata India dengan tujuan untuk membangun citra India sebagai destinasi wisata berbagai musim pada tahun 2002 hingga tahun 2016. Dalam menganalisa strategi nation branding yang dilakukan oleh Pemerintah India. penulis menggunakan konsep nation branding strategy oleh Keith Dinnie. Hasil analisis yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa selama 14 tahun pelaksanaan strategi nation branding. pemerintah India telah berhasil membangun citra negaranya sebagai destinasi wisata berbagai musim. Hal tersebut juga diikuti dengan sejumlah trend positif pariwisata India terhadap perkembangan dan peningkatan sektor wisata yang juga berdampak kepada sektor perekonomian di India.