Analisa Teori Encroachment Terhadap Tahapan dan Peran Praktisi Public Relations dalam Menjalankan Program Corporate Social Responsibility (Studi Pada Praktisi Public Relations Encroachment Authority di PT.Vale Indonesia Tbk)
Main Author: | Haritzha, Kabiir Hafis Wirza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163805/1/Kabiir%20Hafis%20Wirza%20Haritzha.pdf http://repository.ub.ac.id/163805/ |
Daftar Isi:
- Pada penerapannya Teori Encroachment dalam Public Relations menggambarkan keadaan dimana kinerja seorang praktisi yang Encroachment tidak akan berjalan dengan baik karena tidak memiliki, dasar dan pengetahuan mengenai Ilmu Komunikasi/Public Relations, namun pada kenyataanya di PT.Vale Indonesia Tbk, yang merupakan perusahaan tambang nikel terbesar di indonesia, sekaligus penyumbang 5% dari total pasokan nikel dunia, menunjukan hal yang sebaliknya. Pencapaian Dapartment External Relations & Corporate Affair terutama dalam bidang Corporate social responsibility untuk memenuhi tanggung jawab sosial sangatlah baik, pencapaian ini terbukti dengan penghargaan dan sertifikasi yang telah mereka raih dari tahun 2011-2017, meskipun secara keseluruhan praktisi mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi/Public Relations. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisi Teori Encroachment terhadap tahapan dan peran praktisi Public Relations di PT.Vale Indonesia dalam menjalankan program CSR. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations di PT. Vale Indonesia Tbk. Menggunakan bantuan konsultan CSR di beberapa tahapan, namun perusahaan tetap berupaya untuk melibatkan pemerintah, terutama masyarakat daerah terdampak untuk terlibat dalam proses pemilihan konsultan CSR, hal ini sekaligus dapat membangun citra perusahaan dalam maindset masyarakat dan pemerintah. Dapartment External Relations & Corporate Affair juga berhasil menjalankan perannya secara maksimal yang ditopang dengan pengalaman, kemampuan manajerial, Leadership, serta integritas yang dimiliki. Selain itu praktisi Public Relations di PT.Vale Indonesia Tbk, merencanakan, dan menjalankan setiap detail kegiatan tahapan-tahapan perencanaan dengan sangat baik, terutama dalam proses pelaksanaanya, mereka berusahaan melibatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan presentase keberhasilan suatu program sekaligus untuk mencapai tujuan perusahaan yang menginginkan masyarakat mandiri (program Sustainbility).