Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Melalui Experiential Value Sebagai Variabel Mediasi Pengunjung Wisata Edukasi Predator Fun Park Kota Batu
Main Author: | Budi, Dian Hendarto Setia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163776/1/DIAN%20HENDARTO%20SETIA%20BUDI.pdf http://repository.ub.ac.id/163776/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan bisnis di bidang pariwisata yang mengalami peningkatan pengunjung tiap tahunnya di Indonesia termasuk di Kota Batu. Pariwisata menawarkan berbagai wahana yang menarik sehingga pengunjung wisata mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Pengunjung yang mendapatkan pengalaman yang menyenangkan akan merasa puas karena telah sesuai atau melebihi harapan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfaction melalui experiential value sebagai variable mediasi pengunjung Wisata Edukasi Predator Fun Park, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survey. Sampel berjumlah 250 responden dengan teknik pengambilan purposive sampling. Metode analisis menggunakan PLS SEM dengan software SmartPLS 2.0 M3. Uji instrumen penelitian meliputi uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis. Uji hipotesis langsung menggunakan t-test sedangkan hipotesis tidak langsung menggunakan uji sobel. Hasil analisis menunjukan bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap experiential value, experiential marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction, dan experiential value berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Sedangkan untuk pengaruh tidak langsung experiential marketing terhadap customer satisfaction melalui experiential value menunjukan hasil yang positif dan signifikan.