Strategi Komunikasi Sosialisasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jombang Dalam Upaya Pemenuhan Hak Anak Bidang Pendidikan di Kabupaten Jombang
Main Author: | Pratama, Vinsensius Dimas Harya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163767/1/Vinsensius%20Dimas%20Harya%20Pratama.pdf http://repository.ub.ac.id/163767/ |
Daftar Isi:
- Penduduk Indonesia terus bertambah dari waktu ke waktu. Jika terjadi ledakan jumlah penduduk, maka akan berdampak luas terhadap penyediaan anggaran dan fasilitas pendidikan. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik di bidang perlindungan perempuan dan perlindungan anak. Program perlindungan anak merupakan salah satu usaha penanggulangan masalah kurangnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya hak anak bidang pendidikan di kabupaten Jombang. Berdasarkan hal tersebut, skripsi ini membahas strategi komunikasi dalam tingkat komunikasi organisasi, komunikasi antar pribadi, serta komunikasi asertif yang dilakukan oleh DP3A dalam mensosialisasikan program pemenuhan hak anak di Kabupaten Jombang, dan bentuk komunikasi apa yang dominan digunakan agar program pemenuhan hak anak bidang pendidikan melalui dana CSR tersebut dapat sampai ke masyarakat. Isu tentang Hak Anak bidang pendidikan di Kabupaten Jombang dipilih karena peningkatan persentase putus sekolah dari tahun 2010 hingga 2014 dari berbagai jenjang pendidikan 12 tahun. Hal ini seakan menjadi ironi dari pelaksanaan sosialisasi yang telah dilakukan DP3A selama bertahun tahun. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan interpretatif yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya mengenai langkah-langkah strategi komunikasi DP3A dan Forum Anak Jombang, salah satu cara pendeskripsian adalah melakukan wawancara langsung kepada pihak-pihak terkait, kemudian mengumpulkan data, menyusun dan mengklasifikasi data kegiatan DP3A beserta FAJ. Teori yang digunakan adalah teori Individual Develomment dan Strategi Manajemen (Pengembangan individu dan pengendalian organisasi dengan baik) pada Komunikasi Organisasi. Strategi komunikasi (dalam penyampaian informasi kepada audience. Serta perusahaan pemberi dana CSR). Teori asertif (menggali hubungan interpersonal DP3A dengan Audience saat melakukan sosialisasi).