Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pemesanan Kamar Hotel Secara Online Melalui Airy Rooms (Studi Kasus Di Indonesia)
Main Author: | Hendrianti, Zela Selvina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163765/1/Zela%20Selvina%20Hendrianti.pdf http://repository.ub.ac.id/163765/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi motor penggerak dalam pertumbuhan ekonomi Negara. Kegiatan pariwisata ini memberikan peluang yang cepat dalam kesempatan kerja, pendapatan, dan meningkatkan produksi di dalam negara sebagai penerima wisatawan, industri pariwisata dalam hal ini meliputi, industri kerajinan cindramata, transportasi, makan-minum, penginapan dan perhotelan (Kementrian Pariwisata, 2014). Peran perhotelan memiliki arti penting bagi kegiatan pariwisata. Dewasa ini bisnis perhotelan semakin tumbuh dan berkembang di Indonesia. Jumlah tujuan pariwisata dan hotel semakin bertambah di banyak daerah. Dengan demikian, persaingan di sektor bisnis perhotelan semakin meningkat dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk melakukan promosi salah satunya dengan cara membuat iklan di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan televisi Airy Rooms terhadap keputusan pembelian tiket pemesanan kamar hotel secara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel sebanyak 272 responden yang merupakan penduduk Indonesia yang pernah melihat iklan Airy Rooms di televisi dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh iklan televisi Airy Rooms terhadap keputusan pembelian pemesanan kamar hotel secara online melalui Airy Rooms. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji F (probabilitas) sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai F hitung sebesar 189,676 yang lebih besar dari F tabel yang sebesar 2,41. Besar kontribusi pengaruh iklan televisis Airy Rooms sebesar terhadap keputusan pembelian 74,0%. Dengan demikian, sebaiknya manajemen Airy Rooms dapat lebih meningkatkan promosi. Hal tersebut akan mampu mempengaruhi keputusan pembelian pemesanan kamar hotel secara online melalui Airy Rooms.