Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan School Well-Being Pada Siswa Sekolah Dasar Full Day School

Main Author: Irsyad, Hafizh Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163760/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memliki tujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan school well-being pada siswa sekolah dasar full day school. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu cluster sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 329 siswa (L=187, P=136). Penelitian ini menggunakan dua skala. The Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS) digunakan untuk mengukur dukungan sosial teman sebaya dan kuisioner School Well-being digunakan untuk mengukur school well-being. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji korelasi dengan menggunakan tes statistik Spearman– Brown. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan sebesar 33,3% dengan school well-being pada siswa sekolah dasar full day school.