Strategi Gastrodiplomasi Pemerintah Peru Tahun 2008 -2016

Main Author: Hening, Saga Ilalang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163697/
Daftar Isi:
  • Gastrodiplomasi merupakan salah satu bentuk diplomasi kontemporer dalam menghadapi isu non-tradisional, yang juga merupakan bagian dari diplomasi publik. Gastrodiplomasi ini menggunakan makanan tradisional suatu negara sebagai alat untuk melakukan diplomasi tanpa adanya paksaan. Pada tahun 2008, Peru mulai melakukan gastrodiplomasi dengan mengangkat tema Cocina Peruana Para El Mundo lalu pada tahun 2011 mengangkat kampanye Marca Peru dan pencapainnya terlihat pada tahun 2016, Peru menjadi tuan rumah 2ND UNWTO World Forum on Gastronomy Tourism. Strategi gastrodiplomasi yang dilakukan oleh pemerintah Peru ini memiliki tujuan utama yaitu agar Peru lebih diakui oleh dunia internasional dan dikenal sebagai sebuah negara melalui budaya serta kuliner khasnya. Selain dari pemerintah pusat, strategi gastrodiplomasi ini juga melibatkan peran aktor non-negara dan industri swasta dalam mempromosikan kuliner tradisional Peru.