Pengaruh Pesan dalam Video YouTube Arief Muhammad Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Traveloka” (Studi Kuantitatif pada Kolaborsi Traveloka X Arief Muhammad)

Main Author: Ismah, Fildzah Zata
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163545/
Daftar Isi:
  • Iklan mengandung sebuah pesan yang disampaikan oleh produsen yang berperan sebagai komunikator kepada konsumen sebagai komunikan. Perkembangan teknologi membuat pemasar dapat memanfaatkan media sosial YouTube sebagai sarana menyalurkan pesan mengenai informasi mengenai produk mereka kepada khalayak. Iklan yang baik tentunya mengandung pesan yang efektif dengan memperhatikan beberapa unsur pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pesan dalam video Youtube Arief Muhammad dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Traveloka. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah pesan dengan subvariabel yaitu isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan yang diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian pada konsumen Traveloka. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi penelitian adalah viewers dari video YouTube Arief Muhammad yang berjudul “Vloggg: Honeymoon ke Jepang!”. Jumlah Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumupul dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa variabel isi pesan mempunyai pengaruh yang lebih dominan terhadap keputusan pembelian konsumen Traveloka.