Analisis Pelayanan Pengaduan Publik Online (Assessment Information Systems Success Model) Aplikasi Qlue Di DKI Jakarta pada Tahun 2018
Main Author: | Adimearto, Inggito Idhar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163535/1/Inggito%20Idhar%20Adimearto.pdf http://repository.ub.ac.id/163535/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesuksesan sistem informasi pelayanan pengaduan publik online di DKI Jakarta tahun 2018 bernama aplikasi Qlue dengan The Updated D&M IS Success Model (2003), mengingat telah terjadi berbagai dinamika yang berimplikasi pada aplikasi tersebut. Teori tersebut terdiri dari enam dimensi pengukur yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, pemakaian, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif ini, meneliti 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling serta pengkhususan teknik proportional random sampling. Analisis statistik pada penelitian ini yaitu deskriptif dan inferensial dengan alat bantu perangkat lunak bernama SmartPLS versi 2.0. Hasil penelitian menunjukan tiga hipotesis (pengaruh kualitas informasi terhadap pemakaianan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna, pengaruh kualitas pelayanan terhadap pemakaian) dari delapan hipotesis ditolak. Namun dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pada aplikasi Qlue yang disediakan untuk DKI Jakarta pada tahun 2018 tergolong sukses.