Prinsip Akuntabilitas Dalam Media Sosial Facebook (Studi Analisis Isi Kuantitatif Deskriptif Pada Unggahan Facebook Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang Periode 20 Mei 2015 – 4 Agustus 2017)
Main Author: | Noor, Farah Saksita Audialfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163529/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui prinsip akuntabilitas BARENLITBANG Kota Malang melalui akun media sosial facebook @barenlitbang.malangkota periode 20 Mei 2015 – 4 Agustus 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan akuntabilitas pemerintahan Indonesia yang kurang optimal karena kurangnya akses informasi dan komunikasi pemerintah terhadap masyarakat. Sedangkan instansi pemerintah harus dapat menyediakan dan menyampaikan informasi secara akurat, efisien, efektif, dan terjangkau kepada masyarakatnya. Dengan hadirnya teknologi komunikasi media sosial yang marak digunakan saat ini, membawa perubahan bagi pemerintah dalam mengomunikasikan aktivitasnya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis isi deskriptif kuantitatif. Pengumpulan datanya melalui lembar coding dan dokumentasi unggahan sebagai alat pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip akuntabilitas BARENLITBANG Kota Malang periode 20 Mei 2015 – 4 Agustus 2017 tersampaikan pada unggahan facebook @barenlitbang.malangkota dengan kategori tertinggi adalah transparansi dan terendah adalah pertanggungjawaban, serta menjadikan kegiatan pemerintahannya bersifat partisipatif, melibatkan seluruh komponen dan merasa kegiatan pemerintah milik bersama.