Marketing Politik Pemenangan Pasangan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri Pada Pemilihan Gubernur Provinsi Lampung Tahun 2014.

Main Author: Saputra, Endhika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163521/1/Endhika%20Saputra.pdf
http://repository.ub.ac.id/163521/
Daftar Isi:
  • Dalam suatu pemilihan marketing politik sangat dibutuhkan sebagai sebuah strategi untuk menarik para calon pemilih. Pada Pilkada Provinsi Lampung 2014 pasangan Ridho-Bachtiar ikut dalam kontestasi tersebut dan berhasil memenangkannya. Hal ini tentu tak lepas dari hasil kerja tim pemenangan pasangan Ridho-Bachtiar sebagai kandidat terpilih memiliki serangkaian strategi dalam menjaring masa dan para pemilih. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi dari tim pemenangan yang digunakan oleh pasangan Ridho-Bachtiar dalam Pilkada Provinsi Lampung Tahun 2014 memilki tiga variabel penting melalui teori Adman Nursal adalah Strategi pull, push, pass marketing dengan memaksimalkan dana kampanye dan para pendukung dari tim pemenangan. Menggunakan isu calon muda dan pasangan Ridho-Bachtiar memiliki jumlah dana kampanye terbanyak dari pasangan calon lainnya. Ditinjau dari isu yang dilontarkan pasangan calon lain justru membalikan keadaan sehingga pasangan Ridho-Bachtiar memenangkan kontestasi Pilkada Lampung Tahun 2014. Alasan lain karena keterlibatan dari perusahaan besar dalam memenangkan pasangan Ridho-Bachtiar yang dilakukan oleh PT SGC dalam mendanai kampanye.