Pengaruh Social Media Instagram Sebagai Metode Pemasaran Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Instagram @Astepbistro)
Main Author: | Wenas, Veshia Virginia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163518/1/Veshia%20Virginia%20Wenas.pdf http://repository.ub.ac.id/163518/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan suatu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkoordinasikan saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan mengenai perusahaan dan produknya. Dengan melakukan pemasaran melalui Social Media, perusahaan semakin masuk ke dalam segmentasi pasar yang lebih spesifik. Salah satu metode dari Komunikasi Pemasaran Terpadu ialah Social Media. Social Media yang seringkali digunakan untuk melakukan pemasaran ialah Instagram. Instagram memudahkan penggunanya untuk saling bertukar informasi dan pesan, serta berbagi berita baik melalui foto maupun video. Pemasaran melalui Social Media Instagram kini telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk memasarkan produknya. Salah satu perusahaan yang menggunakan Social Media Instagram sebagai metode pemasarannya ialah Astep Bistro & Terrace, sebuah restoran yang berlokasi di Malang yang dijadikan fokus peneliti dalam penelitian ini. Tujuan peneliti ialah menuntuk melihat pengaruh dari Social Media Instagram sebagai metode pemasaran terhadap minat beli konsumen Astep Bistro & Terrace. Pada penelitian ini indikator yang digunakan dalam mengukur variabel independen yaitu Social Media (X) adalah context, communication, collaboration dan connection. Sedangka variabel dependennya adalah minat beli konsumen (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online dan menggunakan teknik analisis data dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa collaboration merupakan indikator Social Media yang paling dominan dan berpengaruh terhadap minat beli konsumen Astep Bistro & Terrace. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan, Social Media sebagai metode pemasaran memilik pengaruh pada minat beli konsumen Astep Bistro & Terrace.