Pengaruh Unsur Daya Tarik Pesan Iklan Video Pre-roll Youtube JD.ID “ Versi Kena Tipu Popok Palsu” Terhadap Brand Awareness JD.ID

Main Author: Adha, Muhammad Hafizh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163517/1/Muhammad%20Hafizh%20Adha.pdf
http://repository.ub.ac.id/163517/
Daftar Isi:
  • Periklanan menurut merupakan suatu proses komunikasi dengan tujuan membujuk atau menggiring orang-orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pembuat iklan. Sarana promosi yang paling umum digunakan oleh produsen untuk memberikan informasi mengenai keunggulan produk mereka kepada konsumen adalah iklan lewat video Youtube. Salah satu perusahaan Indonesia yang memanfaatkan iklan video pre-rollYoutube dalam memasarkan produknya adalah JD.ID lewat penggunaan daya tarik iklan. Penelitian ini berfokus pada daya tarik iklan sebagai sesuatu yang menggerakan orang, berbicara mengenai keinginan atau kebutuhan mereka dan membangkitkan ketertarikan mereka.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari unsur daya tarik pesan iklan dalam iklan pre-roll JD.ID terhadap brandawareness JD.ID. Pada penelitian ini indikator yang digunakan dalam mengukur variabel independen yaitu unsur daya tarik pesan iklan (X) adalah daya tarik figur, humor, rasa takut, kesalahan, dan musik, dan komparatif. Sedangkan variabel dependennya adalah brand awareness (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online dan menggunakan teknik analisis data regresi linear sederhana. Penelitian ini memberikan hasil bahwa daya tarik iklan berpengaruh poitif signfikan terhadap branda wareness. Berdasarkan analisis data, ditemukan hasil bahwa humor merupakan indikator daya tarik iklan yang paling dominan dan berpengaruh terhadap brand awareness JD.ID.