Motivasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Self-Esteem (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Pengguna Instagram Yang Menggunakan #Relationshipgoals)
Main Author: | Sunarto, Aisyah Gabyarbita Prayadha Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163509/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi yang dimiliki oleh pengguna instagram yang mengikuti #Relationshipgoals. Pengalaman yang dialami oleh pengguna instagram pada fenomena mengikuti #Relationshipgoals mereka memaknai trend tersebut sesuai dengan apa yang mereka unggah pada media sosial instagram milik mereka. Serta tindakan dari motivasi pada masing-masing pengguna akun unstagram yang mengikuti trend #Relationshipgoals sesuai dengan piramida kebutuhan Abraham Maslow pada upaya pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekataan fenomenologi, karena pengalaman tidak dapat diukur dengan angka selain itu pengalaman dari masing-masing individu pasti berbeda terutama dalam hal pengalaman apa saja yang mereka alami sehingga mereka mengikuti trend ini. Serta bagaimana proses pengelolaan konten untuk mendapatkan feedback seperti yang mereka harapkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informan yang mengikuti trend #Relationshipgoals yang mengunggah konten tersebut melakukan proses pengelolaan konten dengan konsep sedemikian rupa. Konsep tersebut merupakan hasil dari pengalaman pengunggahan konten yang dilakukan di media sosial instagram. Kemudian pengalaman tersebutlah yang motivasi dalam pengelolaan konten unggahan selanjutnya. Motivasi yang dimiliki oleh pengguna instagram yang mengikuti trend #Relationshipgoals dapat menunjukan upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia berdasarkan piramida kebutuhan Abraham Maslow yaitu kebutuhan aktualisasi diri serta kebutuhan yang lainnya.