Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Remaja Penggemar K-Pop

Main Author: Rahmawati, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163495/1/Siti%20Rahmawati.pdf
http://repository.ub.ac.id/163495/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif remaja penggemar K-Pop. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif korelasi. Populasi dari penelitian ini ialah remaja penggemar K-Pop yang mengikuti fandom sebanyak 121 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala yakni skala konformitas dan skala perilaku konsumtif. Hasil analisis penelitian ini menggunakan Rank Spearman diperoleh koefisien sebesar 0.172 dengan nilai signifikansi sebesar 0.05 (p > 0.05) yang mempunyai arti terdapat hubungan yang sangat lemah antara konformitas dengan perilaku konsumtif remaja penggemar K-Pop dengan arah hubungan yang positif. Artinya, semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif.