Analisis Peran E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Bisnis Pada Wirausaha Berskala Mikro Di Kota Malang

Main Author: Ghufran, Ahmad Miftah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163473/1/AHMAD%20MIFTAH%20GHUFRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/163473/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran e-commerce dalam meningkatkan perkembangan bisnis di Kota Malang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif studi kasus dengan model penjodohan pola. Penelitian ini menggunakan enam wirausahawan berskala mikro yang menggunakan e-commerce dalam menjalankan usahanya sebagai objek penelitian. Gambaran ini diperoleh melalui wawancara langsung terhadap objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar ecommerce memiliki peran yang dapat membantu para wirausaha berskala mikro meningkatkan perkembahgan bisnisnya. Peran tersebut antara lain peningkatan pendapatan, perluasan pangsa pasar, dan variasi produk. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa para responden tetap menggunakan e-commerce atas peran yang dimiliki tersebut. Bagi wirausaha berskala mikro disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan usaha bisnis dengan menggunakan e-commerce karena ada kekurangan dalam sistem keamanan dan sebaiknya menggunakan jaringan internet yang stabil dalam melakukan kegiatan usaha melalui ecommerce.