“Kampanye Komunikasi Publik Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Penegakan Hak Asasi Perempuan Dan Anak” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Lembaga Swadaya Masyarakat Women’s Crisis Center Dian Mutiara Di Kota Malang Periode Juli 2017 - Juli 2018)

Main Author: Wardani, Mustika Ayu Nini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163435/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kampanye komunikasi publik dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penegakkan Hak Asasi Perempuan (HAP) dan Hak Asasi Anak (HAA) di Indonesia khususnya kota Malang, Jawa Timur oleh Women’s Crisis Center (WCC) Dian Mutiara. Hal ini dikarenakan kampanye komunikasi publik begitu berperan dan berpengaruh positif dalam setiap organisasi non-profit untuk mewujudkan visi yang ingin mereka raih. Rancangan penelitian kualitatif deskriptif ini untuk memberikan gambaran mengenai sesuatu yang tengah berlangsung saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk data yang rapi dan telah terkondensasi. Data penelitian ini didapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi dengan objek penelitian mengenai kampanye komunikasi publik yang digunakan pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat Women’s Crisis Center Dian Mutiara terkhusus pada visinya yaitu penegakan Hak Asasi Perempuan (HAP) dan Hak Asasi Anak (HAA) dalam upaya meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya hal ini. Target atau sasaran kampanye komunikasi publik yang dilakukan WCC Dian Mutiara adalah perempuan, anak laki – laki dan anak perempuan, korban pelanggaran hak asasi perempuan dan anak, jejaring komunitas lembaga swadaya masyarakat, aktivis sosial, mahasiswa hingga pemerintah terkait,selama bulan Juli 2017 – Juli 2018,termasuk melibatkan para komunikator, dan didapatkan pesan – pesan yang sangat berarti bagi semua lapisan masyarakat baik untuk masyarakat umum,intelek / mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran mereka.