Peran Perceived social support Terhadap School well-being Siswa Sekolah Menengah Pertama Fullday
Main Author: | Azis, Nadia Sausan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163420/1/Nadia%20Sausan%20Azis.pdf http://repository.ub.ac.id/163420/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui peran perceived social support terhadap school well-being pada siswa Sekolah Menengah Pertama fullday. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu accidental sampling. Subjek pada penelitian ini berjumlah 271 siswa ( L=143, P=128) SMP Fullday di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan dua buah skala. Skala pertama adalah The Child and Adolescent Social Support Scale (CASSS), untuk mengukur Perceived social support. Kedua, skala School well-being Profile, untuk mengukur School well-being. Analisis hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived social support memiliki peranan sebesar 14.5% terhadap school well-being pada siswa SMP fullday. Jika dilihat dari sumber-sumber perceived social support, guru memiliki peran paling tinggi dan dilanjutkan oleh sahabat, orangtua, teman dan orang-orang di lingkungan sekolah.