Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Pengembangan Industri Wisata Halal (Studi Kualitatf Deskriptif pada Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat)
Main Author: | Hadianingsih, Malinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163389/1/Malinda%20Hadianingsih.pdf http://repository.ub.ac.id/163389/ |
Daftar Isi:
- Munculnya trend industri pariwisata halal merupakan sebuah industri wisata baru yang berkembang di Indonesia. Pertumbuhan penduduk Muslim dunia yang berpengaruh signifikan terhadap perkembangan wisata halal saat ini. Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan provinsi yang menjadi daerah berpotensi untuk wisata halal berskala International. Atas kebijakan dari pemerintah melalui terbitnya Peraturan Gubernur dan Peraturan Daerah serta keberhasilan yang diraih pulau Lombok dalam ajang World Halal Tourism Award pada tahun 2015 dan 2016 di Abu Dhabi. Dalam pengembangan wisata halal tentunya fasilitas dan pelayanan harus sesuai dengan kriteria-kriteria dalam syariat Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi Dinas Pariwisata terkait implementasinya dalam proses pengembangan industri halal yang meliputi destinasi, pemasaran dan promosi, kelembagaan, pembinaan dan pengawasan. dengan Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif deskriptif dengan dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur (semi structured interview) kepada informan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan industri wisata halal pada provinsi Nusa Tenggara Barat Lombok sudah cukup berjalan dengan baik. Sesuai dengan target kunjungan wisatawan mencapai 20 juta kunjungan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia prov. NTB khususnya pulau Lombok gencar memprpmosikan wisata halal, dengan usaha pemerintah dan komitmen bersama dari para aktor formal amupun non formal untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke pulau Lombok.