Analisis Kredibilitas Komunikator Selebgram Karin Novilda (@Awkarin) Sebagai Seorang Endorser

Main Author: Feneshia, Anggie Meista
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163388/1/Anggie%20Meista%20Feneshia.pdf
http://repository.ub.ac.id/163388/
Daftar Isi:
  • Penggunaan selebriti sebagai seorang endorser merupakan hal yang lumrah dalam bidang pemasaran produk maupun jasa oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun, pada saat ini bukan hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang dapat melakukan hal tersebut, onlineshop juga mulai menggunakan selebriti untuk membantu melakukan pemasaran produk yang mereka miliki. Dengan berkembangnya media sosial seseorang yang menjadi influencer bukan hanya mereka yang berasal dari dunia selebritas tetapi juga mulai muncul influencer media sosial di instagram yang kemudian disebut sebagai selebgram dan menjadi alternatif sebagai endorser produk onlineshop. Selebgram yang memiliki reputasi baik atau buruk tetap digunakan dalam kegiatan ini dan salah satunya adalah Karin Novilda (@awkarin) yang beberapa waktu lalu mendapat teguran dari KPAI mengenai perilaku yang ditunjukan di media sosial miliknya, dan hal ini betolak belakang dengan penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan konsep yang disusun oleh Ohanian (1990) untuk mengukur kredibilitas seorang komunikator dalam bidang endorsement yang dibagi kedalam dua katagori, yaitu menggunakan source credibility model dan source attractiveness model. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan menyebar kuisioner pada 69 onlineshop yang sebelumnya pernah melakukan endorsement pada Karin Novilda (@awkarin). Hasil yang didapat dari penelitian ini dengan pengukuran menggunakan source credibility model dan source attractiveness model menunjukan bahwa experienced pada source credibility model memiliki peran yang penting bagi onlineshop untuk tetap melakukan endorsement pada Karin Novilda (@awkarin) terlepas bagaimana reputasi yang dimiliki.