Peran Perceived Social Support Terhadap School Well-Being Pada Siswa Sekolah Dasar Full Day

Main Author: Rizkia, Ajeng Risanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163373/1/Ajeng%20Risanda%20Rizkia.pdf
http://repository.ub.ac.id/163373/
Daftar Isi:
  • Adanya sistem full day school menyebabkan siswa mengalami stres, merupakan salah satu dampak dari full day school yang kurang sesuai dengan faktor school well-being. Perceived social support pada siswa dianggap berperan terhadap school well-being siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived social support terhadap school well-being pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan partisipan siswa kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar (SD) full day (N=275, Musia= 10,390, SDusia=0,719) di Kota Malang. The Child and Adolescent Social Support Scale digunakan untuk mengukur perceived social support dan kuesioner School Well-Being Profile digunakan untuk mengukur school well-being. Uji hipotesis dilakukkan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengujian asumsi terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived social support memiliki peran terhadap school well-being pada siswa SD full day (p<0,05). Hasil lainnya menunjukkan bahwa teman kelas memiliki peran terbesar (R=0,372) dan tidak ada perbedaan perceived social support dan school well-being pada partisipan laki-laki maupun perempuan (p>0,05).