Presentasi Diri Fashion Influencer di Media Sosial (Studi Presentasi Diri Erving Goffman pada Akun @ameliaelle)

Main Author: Situmorang, Golda Fransisca
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163308/1/Golda%20Fransisca%20Situmorang.pdf
http://repository.ub.ac.id/163308/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Rizky Amelia mempresentasikan dirinya sebagai seorang fashion influencer di akun media sosial Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teori presentasi diri Erving Goffman sebagai pisau analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi tersturktur dan observasi non partisipan. Hasil data yang diperoleh dari wawancara dan observasi non partisipan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah presentasi diri yang dilakukan Rizky Amelia sebagai fashion influencer dituangkan dalam foto-foto yang ia unggah di media sosial Instagram. Kesimpulan kedua dari penelitian ini adalah dalam membangun citranya sebagai fashion influencer, Rizky Amelia sangat jarang menampilkan foto yang terkait dengan kehidupan privatnya, di mana foto-foto yang menunjukan kehidupan pribadinya itu diolah sedemikian rupa agar memiliki nilai estetika yang tinggi seperti foto-foto lainnya. Kesimpulan ketiga dalam penelitian ini adalah Rizky Amelia menggunakan strategi competence, exemplification dan ingratiation untuk mempresentasikan dirinya sebagai seorang fashion influencer. Kesimpulan keempat adalah sebagai seorang fashion influencer, Rizky Amelia memposisikan dirinya sebagai fashion influencer dengan gaya simple dan chic, di mana dua konsep ini konsisten ditunjukan di setiap unggahannya. Kesimpulan terakhir dari penelitian ini adalah untuk konten berbayar, Rizky Amelia tidak bisa menciptakan konten dengan bebas karena terikat oleh panduan yang disediakan oleh klien.