Minimasi Waste dengan Pendekatan Lean Healthcare Pada Instalasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Lavalette Malang
Main Author: | Rahmawati, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/163097/ |
Daftar Isi:
- Seiring dengan berkembangnya pelayanan kesehatan, menuntut suatu instansi rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat berkompetisi dan memiliki daya saing. Instansi pelayanan kesehatan harus meyakinkan konsumen bahwa pelayanan yang diberikan berkualitas baik, waktu pelayanan cepat, dan dengan biaya yang terjangkau. Rumah Sakit Lavalette Malang merupakan instansi unit pelayanan yang ditujukan pada masyarakat umum yang bergerak di bidang kesehatan. Salah satu pelayanannya adalah poli penyakit dalam. Permasalahaan yang terjadi yaitu adanya waste defect, waiting, motion, transportation, inventory, dan waste of talent. Untuk menganalisa waste tersebut digunakan tools big picture mapping dan menggunakan pendekatan FMEA dan ishikawa diagram untuk mendapatkan rekomendasi perbaikan. Pada penelitian ini dilakukan penggambaran big picture mapping untuk mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang tergolong non value added dari pasien datang hingga pasien pulang. Setelah itu dilakukan penggolongan dari aktivitas-aktivitas tersebut menyesuaikan dengan tipe aktivitasnya. Setelah teridentifikasi, waste yang teridentifikasi pada big picture mapping digabungkan dengan waste yang teridentifikasi di awal penelitian. Selanjutnya, rekomendasi perbaikan yang dilakukan didapatkan dari hasil identifikasi FMEA akan dipilih 5 RPN tertinggi yang akan dianalisa lebih lanjut dengan ishikawa diagram. Berdasarkan rekomendasi perbaikan, terdapat 5 rekomendasi perbaikan yang diberikan yaitu, dilakukan penambahan kegiatan dalam alur pengembalian rekam medis dan membuat alat kontrol visual,menyempurnakan sistem informasi yang telah diterapkan dan membuat alur pelayanan farmasi yang baru, memperbaiki koneksi internet dan sistem informasi yang sudah ada menjadi lebih sempurna, mengisi lembar general concern dan data diri disaat awal pendaftaran agar lebih menghemat waktu. Dan membuat lembar panduan kelengkapan BPJS dan menghilangkan loket pemberkasan.