Implementasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui SAMSAT Payment Point Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kota Malang

Main Author: Rusady, Wina Ardian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/163029/1/Wina%20Ardian%20Rusady.pdf
http://repository.ub.ac.id/163029/
Daftar Isi:
  • Pelayanan publik di bidang pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui SAMSAT Payment Point merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. Implementasi pembayaran Pajak Kendaraan bermotor melalui SAMSAT Payment Point seharusnya menjadi pilihan bagi Wajib Pajak untuk mendapatkan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, sehingga kesadaran masyarakat pada pentingnya membayar pajak dapat tumbuh dan potensi Pajak Kendaraan Bermotor dapat dimanfaatkan secara optimal. SAMSAT Payment Point di Kota Malang justru mengalami penurunan pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor, hal tersebut dapat terlihat dari menurunnya rata-rata jumlah Wajib Pajak per harinya yang memanfaatkan pelayanan SAMSAT Payment Point tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui SAMSAT Payment Point, kendala yang dialami dan upaya yang dilakukan oleh SAMSAT Payment Point di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui SAMSAT Payment Point di Kota Malang telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki lagi seperti kurangnya Sumber Daya Manusia dan Sumberdaya Waktu yang terlalu pendek, pemahaman koordinasi petugas SAMSAT Payment Point yang masih kurang. SAMSAT Payment Point dalam memberikan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor mengalami berbagai kendala yang lebih banyak berasal dari eksternal pelayanan yaitu kurangnya pemahaman Wajib Pajak terkait dengan persyaratan yang diperlukan, masih banyaknya Wajib Pajak yang membayar Pajak Kendaraan Bermotor melebihi jatuh tempo pembayaran, sedangkan kendala yang berasal dari internal pelayanan hanya terkait dengan kurangnya sarana dan prasarana pelayanan yang diberikan SAMSAT Payment Point kepada Wajib Pajak. Sama halnya dengan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut justru lebih banyak datang dari UPT Bapenda Provinsi Jawa Timur Malang Kota maupun Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota, baik upaya yang berbentuk tindakan secara langsung atau upaya secara preventif.