Analisis dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Performance Prism Di PDAM Tirta Dharma Kota Malang

Main Author: Wardhani, Shanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162990/1/Shanti%20Wardhani.pdf
http://repository.ub.ac.id/162990/
Daftar Isi:
  • PDAM Tirta Dharma Kota Malang merupakan Badan Usaha Milik Daerah penyedia sarana penyediaan air minum di Kota Malang. PDAM Tirta Dharma Kota Malang didirikan pada 31 Maret 1915 sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan terutama dalam hal penyediaan air bersih. Selama ini PDAM Tirta Dharma Kota Malang hanya menekankan pada aspek keuangan, operasional dan administrasi sebagai tolak ukur pengukuran kinerja, karena lebih mudah diterapkan. Pengukuran kinerja berdasarkan aspek tersebut dianggap tidak mampu mengukur aset tidak berwujud yang dimiliki perusahaan seperti sumber daya manusia, tingkat kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan dan kesetiaan pelanggan. Oleh karena itu diperlukan metode pengukuran kinerja yang dapat mengidentifikasi kepuasan stakeholder secara keseluruhan. Metode yang dapat mengidentifikasi tingkat kinerja dan kepuasan seluruh stakeholder adalah metode Performance Prism. Pengukuran kinerja menggunakan metode Performance Prism merupakan pengukuran kinerja yang terintegrasi, meliputi seluruh aspek perusahaan meliputi kepuasan dan kontribusi setiap stakeholder. Pada penelitian ini stakeholder yang diteliti adalah stakeholder yang berada di PDAM Tirta Dharma Kota Malang. Stakeholder yang dimaksud adalah customer, employee, supplier, owner serta pemerintah dan masyarakat. Selanjutnya adalah menentukan bobot dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Pembobotan dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pembobotan antar stakeholder, pembobotan antar perspektif performance prism dan pembobotan antar KPI dalam setiap perspektif performance prism. Dalam menentukan bobot stakeholder, bobot perspektif performance prism dan bobot KPI dalam setiap perspektif performance prism dengan menggunakan bantuan software expert choice 11.0. Langkah selanjutnya adalah melakukan scoring system menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) dan TLS untuk mengetahui KPI mana yang belum dan sudah mencapai target. Langkah terakhir adalah menggunakan metode Objective Matrix (OMAX) untuk mengetahui nilai performansi total PDAM Tirta Dharma Kota Malang. Penelitian dengan menggunakan metode Performance Prism menunjukkan bahwa terdapat 88 KPI meliputi 18 KPI dari stakeholder customer, 22 KPI dari stakeholder employee, 17 KPI dari stakeholder supplier, 15 KPI dari stakeholder owner dan 16 KPI dari stakeholder pemerintah dan masyarakat. Dari perhitungan pengukuran kinerja dengan menggunakan Objective Matrix (OMAX) diperoleh nilai kinerja perusahaan sebesar 9.52 yang berarti pencapaian kinerja PDAM Tirta Dharma Kota Malang menghasilkan kinerja baik walaupun ada beberapa kinerja yang masih perlu diperbaiki.