Analisis Daya Saing Komoditas Crude Palm Oil (CPO) Indonesia Ke Enam Negara Tujuan Utama Di Pasar Asia Dan Eropa Periode 2010-2016

Main Author: Manta, Andreas Pakiding
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162915/1/ANDREAS%20PAKIDING%20MANTA.pdf
http://repository.ub.ac.id/162915/
Daftar Isi:
  • Ekspor adalah penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas, dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh pihak eksportir dan importir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang bagaimana daya saing komoditas minyak kelapa sawit mentah yang selanjutnya disebut crude palm oil (CPO) di pasar Asia dan Eropa yang akan diwakilkan oleh 6 negara yakni India, Malaysia, Singapura, Belanda, Italia, dan Spanyol..Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Sumber data sekunder dari penelitian ini hasil pengolahan dari dari publikasi yang dikeluarkan oleh United Nation Comtrade yang menyediakan data terbesar di internet dari perdagangan internasional seluruh negara yang melaporkan laporan perdagangan tahunannya. Analisa penelitian menggunakan rumus RCA sebagai indikator oengukur dari kekuatan daya saing komoditas CPO Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditas CPO Indonesia memiliki daya saing yang kuat baik di Pasar Asia (India, Malaysia, dan Singapura) maupun di pasar Eropa (Belanda, Italia, dan Spanyol), sedangkan indeks RCA menunjukkan dinamikan kenaikan dan penurunan dari setiap negara per tahun yang berada masih di atas nilai RCA yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki kekuatan daya saing pada komoditas CPO di atas rata-rata dunia selama periode penelitian.