Eksplorasi Proses Belajar Mengajar Dan Dampak Mata Kuliah Praktikum Auditing (Studi Kasus Pada Alumni S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)
Main Author: | Wibowo, Arief |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162826/1/8.%20LAMPIRAN.pdf http://repository.ub.ac.id/162826/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan mata kuliah praktikum auditing yang terdiri dari proses belajar mengajar hingga dampak yang dirasakan oleh alumni S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Data yang diolah dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah alumni S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang telah bekerja sebagai junior auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four atau afiliasi internasional dan asisten dosen sebagai informan pendukung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses belajar mengajar mata kuliah praktikum auditing berlangsung selama dua jam tiga puluh menit dan diajar oleh asisten dosen dengan metode belajar presentasi setiap minggunya. Namun terdapat kecurangan dan perilaku tidak etis selama proses belajar mengajar berlangsung seperti mencontek, menyalahgunakan fasilitas, berbicara diluar topik pembelajaran, bermain gadget, dan tidur. Hal ini dikarenakan mata kuliah praktikum auditing dirasa kurang memberikan manfaat, tidak memiliki bobot sks yang berpengaruh terhadap IPK, metode mengajar yang monoton sehingga membosankan, dan modul yang digunakan sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Melalui studi ini, diharapkan pelaksanaan mata kuliah praktikum auditing di masa mendatang dapat menjadi lebih baik.