Inovasi Pelayanan Kelurahan Melalui Aplikasi SINGO dalam rangka meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Kantor Kelurahan Sawojajar)

Main Author: -, Muzdhalifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162809/1/Muzdhalifah.pdf
http://repository.ub.ac.id/162809/
Daftar Isi:
  • Penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Sawojajar tidak luput dari permasalahan, terutama dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, banyaknya keluhan masyarakat mengenai kurang primanya pelayanan berdampak kepada kualitas pelayanan kelurahan. Menurunnya kualitas pelayanan di Kelurahan Sawojajar mendorong Pemerintah Kelurahan Sawojajar melakukan upaya perbaikan dalam sistem pelayanannya. Inovasi merupakan salah satu upaya yang digunakan Kantor Kelurahan Sawojajar untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya, Pada tahun 2016 Inovasi pelayanan kelurahan mulai dikembangkan, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi dan menerapkan konsep e-government, kelurahan sawojajar mampu menciptakan inovasi pelayanan berbasis internet yang diwujudkan dalam bentuk Aplikasi. Aplikasi yang diberi nama Aplikasi SINGO (Sistem Pelayanan Malang Online) merupakan inovasi dalam sistem pelayanan di Kantor Kelurahan Sawojajar, Inovasi ini merupakan metode baru yang digunakan pemerintah sawojajar untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, adanya pemanfaatan teknologi informasi ditujukan untuk memperbaiki sistem pelayanan yang sudah ada. Penerapan Aplikasi SINGO mengalami beberapa kendala sehingga tujuan dari dibuatnya aplikasi ini masih belum berjalan dengan maksimal, kendala yang terjadi dalam penerapan Aplikasi SINGO berasal dari dua belah pihak, yakni kurangnya sosialisasi yang diadakan pihak kantor kelurahan sawojajar kepada masyarakat, dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penggunaan teknologi, untuk itu kelurahan sawojajar berupaya dengan melakukan sosialisasi di setiap RT dan RW agar dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Untuk mendukung penelitian ini digunakanlah teori-teori dari para ahli seperti teori mengenai inovasi, teori mengenai pelayanan publik dan teori mengenai e-government, inovasi pelayanan kelurahan melalui Aplikasi SINGO merupakan harapan Kantor Kelurahan Sawojajar dalam memperbaikin sistem pelayanan kelurahan menjadi pelayanan yang prima dan akuntabel seperti misi Kantor Kelurahan Sawojajar