Reformasi Administrasi Pelayanan Publik melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dalam meningkatkan kualitas pelayanan (Studi Pada Kantor Kecamatan Blimbing)
Main Author: | -, Mardhatillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162805/1/Mardhatillah.pdf http://repository.ub.ac.id/162805/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan publik yang berkualitas atau pelayanan publik prima ialah pelayanan yang memenuhi standar kualitas pelayanan. standar pelayanan adalah tolak ukur yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan. Berdasarkan Ringkasan Hasil Kepatuhan Pemerintah daerah terhadap pelayanan tahun 2016 yang dilakukan Oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI),Kota Malang masih mempunyai permasalahan pelayanan publik, diantaranya untuk mendapatkan pelayanan publik masyarakat perlu menempuh perjalanan jauh, pelayanan yang berbelit-belit,waktu penyelesaian pelayanan yang tidak jelas,dan memakan biaya. Selain itu masalah yang dihadapi oleh pelayanan publik di Kota Malang ialah masih rendahnya tingkat keterbukaan informasi pejabat pengaduan serta tata cara penyampaian pengaduan, Untuk melakukan perbaikan pelayanan publik di perlukan Reformasi administrasi pelayanan publik. awal bagi percepatan reformasi administrasi adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) yang terfokus pada peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.Adanya berbagai perubahan (Reformasi), Pemerintah Daerah ber-kesempatan untuk mengoptimalkan peran kecamatan dalam rangka untuk membangun akses dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan melalui Program Pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN). Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui Bagaimana Bentuk Reformasi Administrasi Pelayanan Publik di kecamatan Blimbing, Bagaimana kualitas pelayanan publik Pasca Penerapan PATEN, dan Apa saja yang menjadi Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Reformasi Administrasi Pelayanan Publik dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Blimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pnedekatan kualitatif. Fokus Penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan bagaimana Bentuk Reformasi Administrasi pelayanan publik melalui Program PATEN (yang mencakup Pelayanan sesudah dan sebelum reformasi), 2. Kualitas pelayanan pasca penerapan program PATEN dapat di analisis melalui Dimensi Kualitas Pelayanan, 3. Faktor pendukung dan penghambat dalam Reformasi Administrasi Pelayanan Publik dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Blimbing. Hasil penelitian ini ialahReformasi Administrasi Pelayanan Publik melalui Program Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN) dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kecamatan Blimbing menunjukkan hal yang baik, dimana dengan adanya Reformasi Administrasi Pelayanan Publik melalui Program Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (PATEN) menjadikan pelayanan administrasi yang sebelumnya berbelit-belit, memakan banyak waktu menjadi lebih mudah di akses oleh masyarakat. kemudian mengenai dimensidimensi kualitas pelayanan juga menunjukkan hal yang baik, dimana hampir dari semua dimensi ini dijalankan dengan baik oleh kecamatan blimbing walaupun masih harus terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk menciptakan pelayanan yang lebih efektif, efesien cepat dan mudah di akses masyarakat.