Inovasi Pelayanan Pembuatan Surat Pindah di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo melalui Aplikasi Berkas Mlaku Dewe

Main Author: Prasetya, Irwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162791/1/Irwan%20Prasetya.pdf
http://repository.ub.ac.id/162791/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: (1) inovasi pelayanan pembuatan surat pindah di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe, (2) dampak dari pelaksanaan inovasi pelayanan pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Sidoarjo, dan situs penelitian dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Kantor Desa Suruh, dan Kantor Desa Suko. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dirancang menggunakan metode analisis data spiral yang terdiri dari mengorganisasi data, membaca dan membuat memo, mendiskripsikan, mengklasifikasikan dan menafsirkan data menjadi kode dan tema, menyajikan dan menvisualkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan di semua klasifikasi tipologi inovasi menurut Muluk (2008:44-45). Yaitu dari bentuk atau produk layanan, proses pelayanan, metode pelayanan, strategi dan kebijakan pelayanan, dan aktor dalam pelayanan. Dampak internal pelayanan pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo memberikan dampak positif terhadap kinerja kelembagaan yang lebih efisien dan efektif dalam penggunaan sumber daya yang ada. Karena pelayanan dilakukan secara elektronik menggunakan komputer atau smartphone. Sedangkan dari dampak eksternal pelayanan pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo memberikan dampak positif terhadap waktu penyelesaian pelayanan yang lebih cepat dan alur pelayanan yang lebih singkat yaitu pemohon hanya datang ke kantor desa saja. Selanjutnya, diharapkan aktor dalam pelayanan dapat lebih meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, terutama dalam pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe, seperti layanan kepada pemohon yang langsung diproses dalam pembuatannya secara tepat, cepat, efektif, dan efisien agar meminimalisir waktu seperti yang ditargetkan. Dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan membuat pemohon merasa puas dalam hal pelayanan pembuatan surat pindah.