Produksi Emisi Gas Karbon Monoksida (CO) Akibat Aktivitas Transportasi Pada Ruas Jalan Panji Suroso Kota Malang

Main Author: Pradana, Nurief Agusta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162738/1/Nurief%20Agusta%20Pradana.pdf
http://repository.ub.ac.id/162738/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan arus lalu lintas di Kota Malang mengalami pertumbuhan kendaraan sebesar 15% setiap tahunnya, sehingga menjadi penyebab kenaikan konsentrasi emisi gas CO di udara. Hasil Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan tahun 2014 didapatkan bahwa Kota Malang mengalami peningkatan konsentrasi CO pada tahun 2013-2014. Pada tahun 2013 konsentrasi CO masih dikisaran 3000 μg/m3 dan pada tahun 2014 konsentrasi CO sudah hampir mencapai 5000 μg/m3 (Kementrian Lingkungan Hidup, 2014). Pada penelitian ini, ruas jalan yang diteliti adalah ruas Jalan Panji Suroso Kota Malang yang terbagi menjadi 5 segmen. Pemilihan wilayah studi ini dikarenakan jumlah arus lalu lintas paling tinggi, selain itu Jalan Raden Panji Suroso juga merupakan jaringan jalan yang berfungsi sebagai pemecah arus yang tinggi dari Jalan Ahmad Yani, dikarenakan merupakan jalan yang dilalui kendaraan-kendaraan berat dan ruas jalan tersebut merupakan jalan arteri yang terhubung dan sebagai pintu masuk utama bagian Utara Kota Malang berdasarkan Tatanan Transportasi Lokal Kota Malang tahun 2015. Berdasarkan dari hasil laju harian rata-rata, arus lalu lintas pada segmen 1 sebanyak 109.597 unit kendaran bermotor, segmen 2 sebanyak 69.271 unit kendaraan bermotor, segmen 3 sebanyak 65.614 unit kendaraan bermotor, segmen 4 sebanyak 90.014 unit kendaraan bermotor dan pada segmen 5 sebanyak 85.226 unit kendaraan bermotor. Dari perhitungan produksi emisi dengan menggunakan metode analisis produksi emisi (gram/minggu) yang dikonversikan menjadi 1 tahun (ton/tahun) didapat bahwa produksi emisi pada segmen 1 sebesar 110,39 ton/tahun, segmen 2 sebesar 71,63 ton/tahun, segmen 3 sebesar 81,80 ton/tahun, segmen 4 sebesar 156,81 ton/tahun dan segmen 5 sebesar 178,91 ton/tahun. Berdasarkan kriteria batas polutan penting yang ditetapkan oleh New Jersey Departement of Environmental Protection, bahwa segmen 1, segmen 3 dan segmen 5 membutuhkan prakiraan dampak kualitas udara karena produksi emisi yang dihasilkan melebihi 100 ton/tahun. Rekomendasi yang dapat dilakukan dalam upaya pengurangan emisi gas karbon monoksida (CO) kendaraan bermotor pada ruas Jalan Panji Suroso berdasarkan variabel arus lalu lintas, panjang jalan dan faktor emisi yaitu manajemen lalu lintas untuk sepeda motor, pembatasan kendaraan masuk, peningkatan kualitas dan kuantitas angkutan kota, soalisasasi perilaku ramah lingkungan dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan seperti sepeda, pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan berat dan angkutan barang, penggunaan bahan bakar bensin dan solar diganti pertalite dan bio sola, memperbanyak ruang terbuka hijau dan jalur hijau, peningkatan pengawasan bagi kendaraan bermotor harus memiliki surat ijin layak jalan.