Pengaruh Variasi Persentase Berat Limbah Velg dan Piston Al-Si terhadap Densitas, Porositas, dan Kekerasan Coran Pulley

Main Author: Husaini, Muhammad Nuzul Fahri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162717/
Daftar Isi:
  • Porositas merupakan salah satu cacat yang sering ditemui pada produk hasil pengecoran dengan bahan baku aluminium paduan. Keberadaan porositas dipengaruhi juga oleh densitas serta kekerasan dari produk cor, hal ini dapat mempengaruhi kualitas dari produk itu sendiri. Pengujian piknometri dan hardness test merupakan salah satu cara untuk mengetahui ketiga hal tersebut. Data yang didapatkan adalah berat benda di air, berat benda di udara, dan nilai kekerasan. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketiga hal tersebut adalah solidifikasi dari logam cair di dalam cetakan, yang dapat dikontrol dengan melakukan preheating pada cetakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari prosentase berat material bekas velg (MV) dan material bekas piston (MP) Al-Si terhadap densitas, porositas dan kekerasan coran pulley. Penelitian ini dilakukan dengan variasi prosentase berat velg dan piston Al-Si dengan cetakan berbahan baja sebesar MP 40% MV 60%, MP 50% MV 50% dan MP 60% MV 40% untuk pengecoran pulley. Pengambilan data porositas dan densitas dilakukan ketika spesimen sebelum dan sesudah finishing (proses permesinan) menggunakan pengujian piknometri pada tiga buah spesimen pada masing-masing variasi. Pengujian kekerasan menggunakan metode indentasi micro Vickers dengan pembebanan 200 gr dan waktu indentasi 10 detik. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai porositas rata-rata sebelum finishing (proses permesinan) pada prosentase berat MP 40% MV 60% sebesar 1.871%, MP 50% MV 50% sebesar 1.331%, dan MP 60% MV 40% sebesar 1.146 %. Sedangkan nilai porositas ratarata setelah finishing (proses permesinan) pada prosentase berat MP 40% MV 60% sebesar 1.431%, MP 50% MV 50% sebesar 1.098%, dan MP 60% MV 40% sebesar 1.081%. Nilai kekerasan akan semakin meningkat seiring bertambahnya prosentase piston. Nilai kekerasan pada prosentase berat MP 40% MV 60% sebesar 46.8 HV MP 50% MV 50% sebesar 53.633 HV, dan MP 60% MV 40% sebesar 68.267 HV.