Promotion Strategy by Malang City Government in Creating Museum Mpu Purwa as Tourism Destination (Study at The Department of Culture and Tourism of Malang City)

Main Author: Fawzia, Estylita Dea
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162703/1/Estylita%20Dea%20Fawzia.pdf
http://repository.ub.ac.id/162703/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang strategi Pemerintah Kota Malang, khususnya dalam hal ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam menjadikan Museum Purwa Mpu sebagai Destinasi Wisata. Melalui penelitian yang telah dilakukan, dalam strategi promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang memiliki tiga (3) hal yang dapat membantu promosi Museum Mpu Purwa seperti kegiatan dan program promosi, kerjasama promosi pariwisata, dan anggaran kegiatan promosi. Penelitian ini juga membahas faktorfaktor pendukung dan pengamat strategi promosi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang jika dilihat melalui indikator Strategi Bauran Pemasaran (4P), yaitu Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (tempat). Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif adalah memecahkan masalah berdasarkan fakta-fakta yang ada. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang ada. Dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif ini, peneliti akan mampu menggambarkan realitas di lapangan tentang kondisi Museum Mpu Purwa, Strategi Promosi Pemerintah Kota Malang dalam Menciptakan Museum Mpu Purwa sebagai Tempat Wisata di Malang. Serta mampu menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi promosi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Malang, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dalam menciptakan Museum Mpu Purwa sebagai Tempat Wisata. Hasil dari penelitian ini adalah memberikan saran dan masukan kepada Museum Mpu Purwa bahwa dalam pembentukan strategi museum, harus mempertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan pengunjung dengan tujuan utama museum, yaitu untuk menyajikan misi pendidikan ke publik dan menjadi tempat menarik untuk dikunjungi.