Implementasi Strategi Pemasaran Produk AMDK ASA Di Perum Jasa Tirta Dengan Seni Peran Sun Tzu
Main Author: | Larasatidevi, Asaria Yasmin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162686/1/Asaria%20Yasmin%20Larasatidevi.pdf http://repository.ub.ac.id/162686/ |
Daftar Isi:
- Perum Jasa Tirta I AMDK ASA merupakan perusahaan nasional yang bergerak dibidang industri air minum dalam kemasan. Perum Jasa Tirta I AMDK ASA memproduksi merek AMDK ASA dengan jenis kemasan cup 120 ml, cup 240 ml, galon, botol 500 ml, dan produk yang terbaru, yaitu botol 330 ml pada bulan maret 2017. Selama tahun 2017 jumlah output yang dihasilkan oleh Perum Jasa Tirta I AMDK ASA mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Selain itu, strategi yang diterapkan sebelumnya oleh pihak AMDK ASA belum bisa meningkatkan jumlah penjualan produk AMDK ASA. Oleh sebab itu, perlu dilakukan implementasi strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Penelitian ini menggunakan Seni Perang Sun Tzu. Konsep dari Seni Perang Sun Tzu berdasarkan strategi perang militer dan dikombinasikan dengan strategi bisnis. Strategi ini banyak diadopsi di berbagai bidang seperti pada bidang olah raga, persaingan personal, bisnis, dan tentunya di bidang militer. Strategi ini digunakan pada bidang pemasaran oleh perusahaan-perusahaan untuk memenangkan persaingan pasar. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor eksternal dan faktor internal yaitu menggunakan pengaplikasian seni perang Sun Tzu dalam ranah marketing. Setelah dilakukan identifikasi faktor eksternal dan internal, selanjutnya menghitung bobot dengan menggunakan metode paired comparison Selanjutnya, faktor-faktor eksternal dan internal diberikan rating kemudian melakukan perhitungan scoring berdasarkan hasil perkalian bobot dan rating. Hasil dari scoring akan dijadikan acuan untuk menentukan posisi kuadran SWOT perusahaan. Implementasi Seni Perang Sun Tzu dilakukan dengan mencocokkan keadaan perusahaan dengan 36 Sun Tzu’s Stratagems untuk memberikan rekomendasi strategi pemasaran. Hasil dari implementasi tersebut digunakan untuk metode QSPM sebagai strategi prioritas yang dapat dilakukan perusahaan. Berdasarkan hasil diskusi dengan pihak perusahaan, didapatkan 13 faktor eksternal ground dan 5 faktor eksternal climate yang digunakan dalam penelitian, sedangkan faktor internal perusahaan didapatkan 21 faktor. Strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi Perum Jasa Tirta I AMDK ASA berdasarkan kuadran SWOT adalah strategi yang bersifat agresif, dengan total skor faktor eksternal sebesar 2,4672 dan faktor internal sebesar 2,7966. Strategi yang bersifat turn around diimplementasikan ke dalam 36 stratagems Sun Tzu dengan hasil 3 stratagems yang dapat diterapkan di perusahaan, yaitu besiege wei to rescue zhao, take the opportunity to pilfer a goad, dan borrow a corspe to resurret the soul. Berdasarkan hasil matriks QSPM, strategi yang menjadi prioritas adalah besiege wei to rescue zhao yang artinya strategi dengan melakukan “penyerangan” dengan menawarkan produk AMDK ASA yang berfokus kepada instansi pemerintah baik di Kabupaten Malang maupun Kota Malang, seperti kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Malang yang berlokasi di Kepanjen, Kabupaten Malang. Selain kepada instansi pemerintah, Perum Jasa Tirta I dapat menawarkan produk AMDK ASA kepada BUMN lain yang ada di Kota Malang maupun Kabupaten Malang.