Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Keterlibatan Fesyen terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survei pada Konsumen Fesyen Muslimah di Kota Jakarta)
Main Author: | Ali, Mia Fitri Khotijah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162646/1/Mia%20Fitri%20Khotijah%20Ali.pdf http://repository.ub.ac.id/162646/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia fesyen yang terus berkembang memunculkan banyak tren dalam fesyen itu sendiri. Salah satu tren fesyen yang sedang berkembang maju adalah tren fesyen muslim. Indonesia sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia , yaitu 12,7% dari populasi penduduk muslim di dunia tentunya memiliki potensi yang besar dalam industry fesyen muslim. Hal ini diperkuat dengan Indonesia menjadi salah satu Negara dengan tingkat konsumsi produk fesyen muslim yang tinggi dan berada diposisi kelima menurut State of the Global Islamic Economy Report tahun 2017-2018. Tingginya nilai konsumsi pada produk fesyen muslim tersebut menggambarkan tingginya tingkat pembelian produk fesyen masyarakat muslim di Indonesia. Kota Jakarta sebagai kota metropolitan dan kota yang berkembang pesat menjadi pusat fesyen di Indonesia. Hal ini menjadikan banyak masyarakat khususnya peminat fesyen muslim di Jakarta memiliki kebiasaan dalam gaya hidupnya yang dapat mempengaruhi perilaku pembelian. Gaya hidup berbelanja dan keterlebitan fesyen untuk memenuhi kebutuhan akan fesyen dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Keterlibatan Fesyen terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survei pada Konsumen Fesyen Muslim di Jakarta)” Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 138 orang responden yang merupakan wanita muslim konsumen fesyen muslimah di kota Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Insidental sampling. Metode pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya Hidup Berbelanja dan Keterlibatan Fesyen memiliki pengaruh positif dan signifikan dan signifikan terhadap Perilaku Pembelian Impulsif.