Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Jasa Perhotelan menggunakan Microsoft Access 2013 dan VBA

Main Author: Larasati, Ninditya Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/162627/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan masyarakat terhadap wisata dan cepatnya akses informasi tentang wisata, memicu berkembangnya industri pariwisata yang secara tidak langsung berdampak pada tingginya penggunaan jasa akomodasi, salah satunya Hotel Palem Sari, Kota Batu. Sebagai industri jasa, pelayanan pelanggan penting diperhatikan karena merupakan faktor penting dalam menguasai pasar. Dalam proses tersebut, hotel memerlukan koordinasi dan penyampaian informasi yang cepat dan akurat antar departemen. Namun pada front office Hotel Palem Sari sebagai pusat koordinasi dan administrator, terdapat permasalahan yaitu waktu pemesanan fasilitas dan pelaporan melebihi waktu standar yang ditetapkan, rekap data yang kurang informatif dan kurang relevan dengan kenyataan, serta permasalahan administrasi lainnya. Permasalahan tersebut disebabkan karena proses administrasi dilakukan dengan pembukuan sederhana yang membutuhkan banyak waktu dan berpotensi mengalami kerusakan, kehilangan, kesalahan, atau penyalahgunaan informasi. Proses administrasi yang kurang efektif dan efisien tersebut mempengaruhi proses koordinasi antar departemen yang dapat menurunkan kualitas pelayanan reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan bukti fisik. Oleh sebab itu, alternatif peningkatan pelayanan yang dilakukan adalah merancang sistem informasi administrasi di front office hotel. Sistem informasi diharapkan dapat membantu menciptakan proses administrasi efektif dan efisien yang berguna dalam koordinasi sehingga mampu meningkatkan sistem pelayanan pada Hotel Palem Sari. Perancangan sistem informasi administrasi dimulai dengan menganalisis kelemahan sistem lama menggunakan PIECES. Dilanjutkan dengan tahap analisis penentuan tujuan sistem baru menggunakan SRC. Selanjutnya mendesain proses menggunakan DFD dan mendesain basis data menggunakan ERD yang diimplementasikan menggunakan microsoft access 2013. Setelah itu mendesain interface yang diimplementasikan menggunakan visual basic applications. Lalu dilakukanlah pengujian sistem yaitu uji verifikasi dan validasi. Dengan pengujian tersebut diperoleh bahwa sistem baru yang dirancang sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Proses perancangan model konseptual menghasilkan 6 proses utama, 10 entitas, dan 6 menu. Sedangkan proses perancangan purwarupa menghasilkan 10 table utama pada microsoft access 2013 dan 10 userform utama pada VBA. Purwarupa sistem informasi administrasi mampu mempercepat aktivitas administrasi yaitu pemesanan fasilitas yang awalnya 6,43 menit menjadi 4,22 menit atau mengalami percepatan sebesar 34% untuk satu kali pemesanan yang terdiri dari pencarian ketersediaan kamar, proses pencatatan identitas tamu dan pilihan layanan akomodasi. Selain itu juga mempercepat rekap data pelayanan dan mencegah keterlambatan pelaporan yang sebelumnya membutuhkan waktu 2-3 hari menjadi hanya 2 menit. Serta mampu menjadwalkan tugas pegawai yang berguna dalam pengkoordinasian tugas departemen. Sehingga purwarupa sistem informasi administrasi mampu meningkatkan sistem pelayanan yang berdampak pada peningkatan kepuasaan pelanggan dan perolehan keuntungan yang maksimal.