The Effect of Green Marketing on Brand Image and Consumer Purchase Decision (Study at Starbucks Café Ubud)
Main Author: | Dwipamurti, I Gusti Agung Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/162614/1/I%20Gusti%20Agung%20Nanda%20Dwipamurti.pdf http://repository.ub.ac.id/162614/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Citra Merek (2) menjelaskan pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Keputusan Pembelian, (3) menjelaskan pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian adalah Pemasaran Hijau, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah (1) Responden konsumen dengan usia 18-35 tahun, (2) Pelanggan Starbucks Ubud atau pernah membeli produk di Starbucks Ubud, dan (3) Responden yang memahami tentang Starbucks Green Marketing. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 118 responden sesuai dengan kriteria populasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemasaran Hijau memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Citra Merek, (2) Pemasaran Hijau memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian, (3) dan Citra Merek memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini, Starbucks diharapkan untuk lebih memperkuat citra merek Starbucks dengan lebih lanjut mempromosikan penggunaan tumbler, di mana minimisasi penggunaan gelas plastik dan kertas cangkir pada setiap produk akan lebih lanjut menunjukkan kegiatan lingkungan pro di mata konsumen dan dapat mengurangi penebangan pohon dan dapat mengurangi penggunaan bahan yang dapat mencemari lingkungan. Promosi yang dapat dilakukan adalah penambahan hari pada hari minum dan pengenaan diskon pada harga tumbler dan dengan mengintensifkan iklan tentang pentingnya tumbler untuk kelestarian lingkungan.